Kamis, 07 Mei 2015

Naik Travel Jakarta-Bandung

Sumber gambar: http://www.travelhendros.com

Jakarta-Bandung serasa deket semenjak ada tol cipularang, katanya sih begitu. Kira-kira bisa ditempuh 2-3 jam perjalanan kalau lancar. Kalau macet mungkin bisa 5-7 jam. Perjalanan Jakarta-Bandung menjadi rutinitas mingguan gw dalam 3 bulan terakhir, semenjak kuliah di Bandung. Kuliah itu memang melelahkan sekaligus menyenangkan, hehe. Cuma kali ini pengen curhatnya bukan soal kuliah, tapi pengalaman perjalanan Jakarta-Bandung pake Travel.

Travel Jakarta-Bandung banyak banget, ada Cititrans, Baraya, Xtrans, Cipaganti, Daytrans, Bimotrans, dan masih banyak lagi yang gw juga ngga tau namanya. Kalau dari sisi tarif, mungkin yang paling mahal (berurutan): Cititrans, Cipaganti, Daytrans, Bimotrans, Xtrans, dan yang paling murah Baraya. Dari yang disebut barusan, cuma Bimotrans dan Cipaganti yang belum pernah ikut, maklum ngga semua travel bertujuan ke Jakarta utara dan sekitarnya (rumah gw).

Rute Kelapa Gading (atau terdekat) - Bandung.
  • Cititrans yang paling mahal, 135 ribu (baru naik tarifnya, sebelumnya 115 ribu), pelayanannya oke, jadwal keberangkatannya tiap jam, armadanya juga bagus, bangkunya nyaman. Cuma untuk ukuran mahasiswa tarifnya... hadeuh. 
  • Daytrans. Pernah naik sekali dari bandung, 115 ribu. Jalannya lelet, tujuan atrium senen keluar tolnya malah di pondok gede.
  • Cipaganti belum pernah, destinasi bandung ngga nyampe dipati ukur/surapati, cuma di Pasteur (gw kuliah di Jl Surapati). Bimotrans juga belum pernah, sepertinya ngga ada yang ke Jakarta Utara/Pusat.
  • Xtrans. 100 ribu (umum), 90 ribu (mahasiswa dll). Menurut gw ini travel paling moderat. Fasilitasnya ngga bagus-bagus amat tapi ngga jelek-jelek amat.
  • Baraya. 85 ribu (umum), 70 ribu (mahasiswa). Ini travel idola para mahasiswa, udah gitu ada paket Pulang-Pergi 110 ribu (ketentuan berlaku). Harga oke, jadwal keberangkatan agak meleset, bangkunya kurang nyaman.
Pilihan naik travel tergantung kebutuhan dan tingkat kepuasan. Kalau jarang-jarang ke Bandung, atau tugas kantor mending naik Cititrans, nyaman. Kalau rutin Xtrans menarik juga, dan kalau dompetnya udah makin tipis bisa naik Baraya. Hehe.

1 komentar:

  1. permisi mau numpang nanya nich mas,mas kan user pngguna travel..minta saran dan pendapatnya donk, sya rncana kan mau ke bandung pake travel cuman wktunya bertepatan dgn H-2 lebaran, saya tiba pagi jam 9 d bandara mau lngsung pake travel ke bandungnya..apa sdh tepat planing saya, kira2 berpa lama wktu tempuh nyampe ke bandungnya..trus apa macetnya parah betul di H-2 lebaran itu..karena harinya bertepatan dgn arus mudik lebaran trims..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

My Instagram